Selamat Datang di Blog Ir.Fanz

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Sudah membayar mahal agar bisa menikmati akses internet dengan cepat. Namun, yang didapatkan malah sebaliknya. Agar tidak terus mencela produsen yang menyediakan jaringan internet, ada baiknya Anda mengetahui lebih detail mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Siapa tahu setelah ini Anda jadi bisa mengatasi sendiri masalah lambatnya akses internet.

Internet
Komputer dan teknologi dewasa ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Terutama, internet yang menjadi primadona dalam dunia keduanya. Tidak banyak orang tahu seberapa cepat koneksi internet yang bekerja pada komputer atau laptop. Angka-angka yang tertera pada local area connection status di bagian kanan bawah layar Anda belum tentu sama dengan kecepatan internet yang Anda rasakan sesungguhnya.

Faktor Pengaruh Kecepatan Internet
Kecepatan internet dan jaringannya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut.

1. Internet Service Provider (ISP)
ISP biasanya menawarkan paket internetnya dengan kecepatan dan ketentuan yang berbeda satu sama lainnya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Koneksi Internet
Koneksi internet yang Anda gunakan sangat mempengaruhi kecepatan akses internet. Di Indonesia, umumnya, masyarakat dapat terhubung dengan internet melalui empat hal berikut ini.
  • Dial up, dengan sambungan kabel telepon rumah dan modem biasa. Koneksi internet bisa terganggu bila ada telepon masuk karena yang dipakai di sini adalah sinyal analog saja.
  • ADSL, dengan sambungan telepon rumah dan modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Koneksinya bisa lebih cepat daripada dial up karena bila ada telepon masuk tidak akan mengganggu jaringan internet. Terdapat sinyal analog dan digital di dalamnya.
  • Wireless, jaringan ini disediakan oleh ISP yang koneksinya lebih cepat dari modem ADSL dan dial up. Kecepatan akses internetnya bergantung ISP dan kemampuan menangkap sinyal perangkat wireless yang Anda gunakan.
  • GPRS, dengan modem handphone atau mobile modem, GSM, dan CDMA. Kecepatan koneksinya tidak secepat modem ADSL.
3. Aplikasi Browser
Aplikasi atau software yang digunakan untuk browsing di internet sangat mempengaruhi kecepatan akses internet. Pilih internet browser yang cepat dan aman. Mozilla Firefox, salah satunya yang lebih sering digunakan.

4. Komputer dan Sistem Komputer
Perhatikan spesifikasi komputer yang Anda gunakan karena semakin tinggi spesifikasi akan semakin baik koneksi internet Anda. Perhatikan operating system (OS) yang Anda gunakan dan sistem keamanan komputer dari virus-virus, seperti worm dan trojan. Bila sistem Anda bersih, koneksi internet akan semakin cepat...

No Response to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet"

Posting Komentar