Selamat Datang di Blog Ir.Fanz

Penemuan Batu Berjajar Pada Kedalaman 2 Meter Dibawah Tanah

PENEMUAN BATU BERJAJAR PADA KEDALAMAN 2 METER DIBAWAHTANAH, MUNGKINKAH ADA PENINGGALAN SEJARAH GALUH?
Gambar penggalian pertama da kedua
Awal kisah penemuan ini, pada suatu hari tepatnya hari Sabtu tanggal 21 September 2013 kami pergi kekebun dengan maksud akan mengambil kalari (bahan sapu lidi). Setelah kalari itu didapat, saya istirahat melepas lelah dibawah pohon ridang kebetulan menghadap Kepada batu-batu besar yang berjajar, tepatnya betu tersebut terletak pada bekas galian kolam kecil yang berfungsi sebagai resapan air dengan kedalaman + 1 s.d 2 meter dari permukaan tanah, namun setelah pandangan saya tertuju pada batu-batu yang lebih kecil yang letaknya disamping bawah batu yang lebih besar, setelah saya amati batu batu tersebut posisinya terlihat seperti beraturan dan membentuk formasi seperti sengaja oleh tangan manusia. Lebih jelasnya seperti terlihat pada gambar :
 



 
Gambar diatas, hasil penggalian hari ke 3 .Batu-batu tersebut berada di blok Bobojong wilayah kampung Sodong, Desa Bojongmengger, Kec. Cijeungjing, Kab. Ciamis. Bawa Barat.
.
Sehubungan pada waktu itu hari semakin sore, penggalian tersebut saya laksanakan pada keesokan harinya. Yang menjadi ketertarikan saya untuk melanjutkan penggalian tersebut yaitu ketika saya mempherluas galian, ternyata jumlah barisan batu tersebut semakin bertambah. Sebelum penggalian tersebutyang terlihat cuma 3 buah batu saja. Sedangkan setelah penggalian hari ke 4, batu tersebut sudah mencapai 10 buah. Selain itu juga yang menjadi pertanyaan saya juga, kalau memang dibuat manusia,apa tujuannya orang tersebut membuat barisan batu seperti itu yang posisinya rata-rata menghujam ke dalam tanah. Ini mungkin yang menjadi misteri bagi saya maupun bagi orang telah melihatnya, sehubungan pada saat ini belum ada sumber-sumber yang menyimpulkan keberadaan batu tersebut. Mungkin kalau kita memerlukan jawaban yang lebih akurat. Kita harus bertanya pada ahlinya, yaitu kepada ahli Geologi atau ahli sejarah. Namun kesimpulan sementara menurut saya peribadi, dimungkinkan ditempat tersebut pernah ada manusia yang berkepentingan dengan tempat tersebut serta mungkin pula ada hubungannya dengan Situs Gunung Susuru yang letaknya kira-kira 2 km ke arah timur , serta mungkin ada hubungannya juga  Dengan situs Karangkamulyan.







No Response to "Penemuan Batu Berjajar Pada Kedalaman 2 Meter Dibawah Tanah"

Posting Komentar