Selamat Datang di Blog Ir.Fanz

Cara Mengatasi Error 403 di Tablet Treq


Sistem Operasi Android untuk perangkat mobile telah berkembang pesat belakangan ini dengan seiring melonjaknya jumlah pengguna ponsel pintar. Salah satu pemicunya adalah banyaknya jumlah aplikasi yang ditawarkan di Google Play (dulu bernama Android Market) dengan ratusan ribu aplikasi, banyak di antaranya gratis (ad-supported maupun tidak) dan ada juga yang berbayar.
Setelah mengalami masalah yang sama, terutama (Error 403 dan Error 500), saya mencoba mencari solusinya. Dari hasil pencarian ternyata banyak sekali pengguna Android yang mengalami masalah yang sama, sedikit melegakan, karena ternyata saya tidak sendiri ;) Berikut adalah beberapa solusi yang saya rangkum dari sekian banyak sumber di internet. Silakan coba satu per satu dan temukan solusi yang paling sesuai dengan kasus anda, karena penanganan setiap masalah mungkin berbeda-beda sesuai kasus. Beberapa settingan menu mungkin berbeda tergantung perangkat dan versi Android yang anda gunakan, silakan disesuaikan. Perlu diingat kalau saya tidak bertanggung jawab atas masalah yang mungkin ditimbulkan ketika melakukan salah satu atau semua dari solusi di bawah ini. Bacalah dengan seksama! USE AT YOUR OWN RISK!

Tested and Working! Treq A10 C Ice Cream Sandwich

1. Membersihkan cache dan atau data pada aplikasi Google Play
Berdasarkan laporan banyak user yang berhasil mengatasi masalah ini dengan melakukan pembersihan cache dan atau data pada aplikasi Google Play. Caranya adalah dengan mengakses Google Play melalui Setting–>Application Setting –>Manage applications –> Google Play.

Pilih clear cache (beberapa user juga melakukan clear data). Setelah itu restart perangkat, dan anda sudah bisa download aplikasi dari Google Play!
2. Bersihkan Proxy
Jika cara pertama tidak berhasil, cara lain yaitu dengan menghilangkan/membersihkan proxy yang digunakan (internet maupun MMS). Masuk ke settingan APN yang anda gunakan untuk mengakses internet dan bersihkan settingan proxy.

Setelah itu coba akses Google Play. Pada kasus yang saya alami (Error 403) cara ini berhasil.
3. Ganti Account Google Play
Cara lain yang juga dilaporkan berhasil oleh beberapa user adalah dengan mengganti account Google yang digunakan untuk mengakses Google Play. Caranya adalah dengan menambahkan account Google yang baru melalui manajemen account. Setelah itu buka Google Play, pilih menu Account lalu ganti dengan account yang baru anda buat. Untuk menambahkan account baru pada perangkat yang digunakan, anda harus sign up ke Google dan membuat account baru.
4. Apabila Tidak Berhasil Dengan 3 Langkah di atas Kemungkinanan Settingan Modem yang Salah
Untuk Cara setting modem klik disini.

2 Response to "Cara Mengatasi Error 403 di Tablet Treq"

Adi Daya mengatakan...

Bang, makasih infonya. Saya juga ada kasus di mana saya tidak bisa mengakses suatu situs lewat Mozilla dan modem Flexi EVDO dan ada tulisan error 403 saat situs itu saya akses padahal awalnya dulu itu tidak ada peringatan begitu. Kira-kira apa sebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Ir.Fanz mengatakan...

klo saran saya mah bersihkan dulu cache memory.
tapi saya slama ni belum pernah ngalamin seperti itu.

Posting Komentar